Sabtu, 09 Juli 2011

Astronaut-astronaut Hewan


Sahabat Bravo! selain manusia beberapa hewan juga pernah menginjakkan kakinya ke luar angkasa. Mereka diluncurkan untuk mengetahui apakah makhluk bumi bisa bertahan hidup di luar angkasa. Para astronaut hewan tersebut telah berperan membantu manusia dalam perjalanan ke antariksa. Inilah astronaut hewan berjasa tersebut.

Tikus

Tikus pertama kali ke ruang angkasa pada bulan Februari tahun 1961. Negara yang mengirimkan adalah perancis. Tikus tersebut bernama Hector. Setelah terbang di ketinggian 93 mil, Hector berhasil kembali dengan selamat.

Kadal Air

Pada tahun 1985, 10 ekor kadal air iberia dan 2 ekor monyet diberangkatkan keluar angkasa dalam misi yang diberi nama The Bion 7. Misi ini dilakukan para peneiliti untuk mengetahui tingkat regenerasi seperti penyembuhan luka di luar angkasa. Dalam penelitian itu kaki depan kadal dilukai untuk mengetahui tingkat penyembuhan luka di luar angkasa. Setelah diamati, tingkat penyembuhan di luar angkasa lebih cepat daripada di bumi.

Tahun 1985, kadal kembali diluncurkan dalam berbagai percobaan luar angkasa. Kemudian tahun 1994 di Columbia, ruang unit Jepang Flyer tahun 1995, dan misi foton –m2 tahun 2005.

Katak

Katak juga terpilih menjadi astronaut. Pada tahun 1970, NASA meluncurkan program Orbiting Frog Otolith dengan mengirimkan dua katak ke orbit. Katak berhasil berada di luar angkasa dari tanggal 9-15 November dan percobaan itu sukses. Data yang diinginkan para peneliti juga berhasil didapat. Akan tetapi anehnya pesawat tersebut hilang dan tidak berhasil ditemukan kembali setelah mendarat.

Kura-kura

Sepasang kura-kura diluncurkan ke luar angkasa dengan pesawat Zond 5 yang berisi muatan biologis asal Rusia pada tanggal 15 september 1968. Kemudian pada tanggal 18 September 1968, Zond 5 membuat putaran di sekitar bulan dan kembali ke bumi dengan selamat. Sepasang kura-kura itu pun juga kembali dengan selamat. Lucunya keduanya mengalami penurunan berat badan setelah diluncurkan.

Kucing

Hewan rumahan ini juga pernah ke luar angkasa. Pada bulan Oktober, Perancis mengirim seekor kucing yang ditemukan di jalanan dan diberi nama Felix. Felix diluncurkan ke luar angkasa dengan sebuah roket AGI Veronique. Pesawat ini dapat kembali ke bumi dengan selamat begitu pula dengan Felix. Felix pun mendapat penghargaan sebagai kucing pertama di ruang angkasa.

Monyet

Monyet merupakan binatang eksperimen yang diluncurkan bersamaan dengan peluncuran Air Force Aeromedical Laboratory “Albert” (Juni 1948-Agustus 1950) di White Sands, New Mexico. Eksperimen ini adalah eksperimen pertama yang menggunakan primata. Akan tetapi, Albert yang diluncurkan tanggal 11 Juni 1948 gagal dan monyet yang dibawa mati sebelum sampai ke ruang angkasa. Meskipun percobaan pertama gagal, percobaan kedua kembali dilakukan tanggal 14 Juni 1949. Monyet kedua diberi nama Albert II dan berhasil menjadi monyet pertama yang ke luar angkasa.

Anjing

Sahabat terbaik manusia ini juga berhasil pergi ke luar angkasa. Pada tahun 1960, para ilmuwan luar angkasa Uni Soviet mendesain pesawat ulang alik yang mampu membawa manusia ke orbit, namun pesawat itu harus diuji coba dulu. Dua anjing bernama Bernama Belka dan Strelka diluncurkan tahun 1960. Mereka menjadi mahluk hidup pertama yang mengelilingi orbit Bumi dan kembali dengan selamat. Belka dan Strelka menjalani misi yang menjadi kunci persiapan penerbangan astronaut Yuri Gagarin (manusia pertama di luar angkasa sekitar setahun kemudian).

0 komentar:

Posting Komentar