Minggu, 10 April 2011

Keajaiban dunia

h1

Danau Superior

Danau Superior adalah Danau Besar Amerika Utara terbesar. Dia merupakan danau air tawar terbesar di dunia dalam luas permukaan denganDanau Baikaldi Siberiamemiliki “volume” lebih. (Laut Kaspia jauh lebih besar, namun berisi air asin). Danau Superior memiliki luas permukaan82,000 km²(32.000 mil persegi), lebih besar dari Republik Czech. Dia memiliki panjang maksimum 350 mil (563 km) dan lebar maksimum 160 mil (257 km). Kedalaman rata-ratanya adalah 489 kaki (149 m) dengan kedalaman maksimum 1.333 kaki (406 m). Danau Superior berisi 2.935 mil kubik (12.232 km kubik) air. Garis tepian danau ini adalah 2.730 mil (4.393 km) (termasuk pulau-pulau)
Dia membatasi Ontario di Kanada, dan MinnesotaWisconsin dan Michigan diAmerika Serikat. Dia merupakan rute pengapalan penting untuk bijih besi dan merupakan bagian dari Jalan Air Danau Besar.

Fakta

  • Anishinabe utamanya terletak di wilayah sekitar Danau Besar.

Legenda

Menurut kisah , Danau Superior tidak pernah menyerahkan kematian. Ini dikarenakan danau ini lebih dingin dan dalam dari danau lainnya. Tubuh akan tenggelam dan (tidak seperti laut) tidak akan pernah muncul ke permukaan lagi.

h1

Laut Kaspia

Oktober 15, 2008
Laut Kaspia atau Laut Mazandaran merupakan sebuah laut yang terkurung daratan antara Asia dan Eropa (Rusia Eropa). Dia merupakan kumpulan air terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km², dan oleh karena itu memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Dia sering digolongkan sebagai danau terbesar dunia, meskipun ia tidak mengandung air tawar.

Geografi

Laut Kaspia dibatasi oleh Russia (Dagestan,KalmykiaOblast Astrakhan), Azerbaijan,Iran (provinsi GuilanMazandaran danGolestan), Turkmenistan, dan Kazakhstan, dengan “steppe” Asia Tengah di utara dan timur. Pada sisi timur Turkmen terdapat sebuah “embayment” besar, Kara Bogaz Gol.
Laut ini dihubungkan dengan Laut Azov melalui Terusan Manych.

Kota dekat Laut Kaspia

Kota besar dekat Laut Kaspia:

Sejarah

Dalam sejarah dia disebut Samudra Hyrcania. Nama tua lainnya untuk Laut Kaspia termasuk LautMazandaranLaut Khazar danLaut Khvalissian.
Kota bersejarah dekat Laut Kaspia:

Fauna

Dalam Laut Kaspia terdapat banyak sturgeon, yang melahirkan telur yang diproses mejadi kaviar. Namun, pengambilan ikan berlebihan telah mengancam populasi sturgeon ke titik yang membuat para advokat Lingkungan melarang pengambilan sturgeon seluruhnya sampai populasi mereka kembali.

Minyak

Daerah ini kaya akan energi. Dan juga ladang minyak yang belakangan ini ditemukan, bukti persediaan gas alam, meskipun eksplorasi masih dibutuhkan untuk menjelaskan potensi penuhnya.
Masalah utama adalah menggambarkan batasan antara lima negara yang mengelilingi laut ini. Russia, Azerbaijan dan Kazahkstan menandatangani perjanjian pada 2003 untuk membagi 64% utara laut tersebut sebagai milik mereka, meskipun dua negara lain, Iran dan Turkmenistan, tidak setuju. Ini nampaknya akan menyebabkan ketiga negara yang setuju tersebut melanjutkan pengembangan minyak, Pengembangan Iran dan Turkmenistan nampaknya masih belum bisa berjalan.
Sekarang ini, Azerbaijan dan Kazahkstan telah mendapatkan peningkatan produksi minyak terbesar – peningkatan sebesar 70% sejak 1992. Meskipun begitu, wilayah ini masih mendapatkan hasil yang kurang dari pengeluaran potensialnya, dengan produksi regional total 1,6 juta barrel (250.000 m³) per hari – kira-kira sama dengan produksi Brazil. Ini diharapkan akan berlipat tiga pada 2010.

h1

Air Terjun Angel

Oktober 15, 2008
Air Terjun Angel atau Salto Angeladalah air terjun jatuh-bebas tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter (3.212 kaki) dengan jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter (2.647 kaki). Air terjun ini terletak di Rio CaroniTaman Nasional Canaima,Venezuela. meskipun pertama kali dilihat di awal abad ke-20 oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz, air terjun ini tidak dikenal dunia sampai ditemukan secara resmi oleh penerbang Amerika, James Crawford Angel yang sedang terbang mencari lokasi tambang emas. Pada tahun1936, James Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun. Air terjun ini dinamakan “Air terjun Angel” untuk mengenang penemunya, James Crawford Angel. Suku Indian Pemon menyebut air terjun ini sebagai “Auyan-tepui” (“Aiyan-tepui”) yang berarti “Gunung Setan”.
Ketinggian resminya ditentukan oleh National Geographic Society pada 1949. Air terjun ini merupakan atraksi turis paling terkenal di Venezuela.


0 komentar:

Posting Komentar