Kamis, 17 Maret 2011

Manfaat Susu Kambing

Selama ini, susu sapi adalah susu yang paling populer. Namun, ada pilihan lain selain susu sapi, yaitu susu kambing. Banyak sekali manfaat susu kambing yang mungkin baru sedikit orang yang mengetahuinya sehingga kalah pamor dari susu sapi.
Susu kambing memiliki kandungan fluorine dan protein tinggi. Fluorinenya 10 sampai 100 kali lebih besar dibandingkan susu sapi. Mineral ini bermanfaat sebagai antiseptik alami dan dapat menekan perkembangbiakan bakteri di dalam tubuh. Sementara proteinnya sangat tinggi hingga dapat disetarakan dengan telur, bahkan ASI.
Masih banyak kandungan lain dari susu kambing yang sangat berguna bagi tubuh. Zinc untuk membentuk sistem kekebalan tubuh. A2-betakasein dan asam amino esensial membentuk insulin, bermanfaat bagi penderita diabetes. Cynokobalamin membentuk hemoglobin, penting bagi penyembuhan penyakit demam berdarah, anemia, thalasemia. Vitamin B3 untuk mengatasi sel kanker atau tumor, dan mengurangi efek toksin dari kemoterapi. Kalsium yang bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis. MCT (Medium Chain Trygliseride) berguna bagi program diet dan penyembuhan stroke. Lactoglobulin penahan protein penyebab alergi.

Tingkat keasaman yang menyerupai kulit dapat melembabkan dan mempercantik kulit.Mineral, belerang metionin, riboflavin (Vit B2) dan B3 yang menumbuhkembangkan sel otak serta system saraf untuk meningkatkan kecerdasan anak. Riboflavin (Vit B2) bermanfaat menurunkan frekuensi serangan migraine. Lactoferrin (LF), lactoperoxidase, lysozyme dan peptide dapat meningkatkan aktivitas CD4 dan sel T sebagai pembentuk system kekebalan tubuh bagi penderita infeksi virus HIV.
Ciri-ciri susu kambing murni yang dalam keadaan baik:
1. Bila kondisi beku -18 derajat susu harus terlihat berwarna kekuning-kuningan (kandungan kalsium tinggi)
2. Mudah cair dalam suhu ruang (kandungan air rendah)
3. Mudah diremas setelah dikeluarkan 30 menit dari freezer
4. Aroma susu tercium dengan rasa sedikit manis dan gurih
5. Krim susu dengan air menyatu dan tidak pecah/menggumpal
6. Bau khas kambing tidak tercium menyengat

0 komentar:

Posting Komentar